Cara Melakukan Tutup Buku



Jika aktivitas input data transaksi telah selesai, lakukan tutup buku melalui menu Aktivitas > Akuntansi > Tutup Buku. Melalui menu ini, Anda dapat melakukan tutup buku akhir bulan dan tutup buku akhir tahun.

Dengan melakukan proses tutup buku akhir bulan, secara otomatis program akan membentuk nilai pada akun Laba Tahun Berjalan sebagai komulasi dari laba rugi per bulan. Apabila tutup buku dilakukan pada akhir bulan Desember (periode akhir dalam akuntansi), maka program secara otomatis akan memindahkan nilai akun Laba Tahun Berjalan ke akun Laba Ditahan.

Jika Anda sebelumnya telah membuat data harta tetap, maka pada saat tutup buku akan dilakukan juga perhitungan dan pembuatan jurnal penyusutan secara otomatis.

Bagi pengguna multy currency, dengan melakukan tutup buku Anda dapat melakukan revaluasi mata uang asing. Jika terdapat selisih kurs antara kurs akhir bulan dengan kurs harian, secara otomatis program akan mengalokasikan selisih tersebut ke akun Laba Rugi Selisih Kurs


Jika ingin kembali ke periode sebelumnya atau ke periode yang telah ditutup buku, lakukan buka buku melalui menu Aktivitas > Akuntansi > Buka Buku (Baca: Cara Melakukan Buka Buku)



Apa Kegunaan Tutup Buku ?


Dengan melakukan tutup buku disetiap akhir bulan maka saldo akhir bulan berjalan akan menjadi saldo awal bulan kedepan
Sementara tutup buku akhir tahun akan membuat saldo akun laba tahun berjalan otomatis dialokasikan ke saldo akun laba ditahan


Beranda BoA Online
Harga & Fasilitas
FAQ
Syarat & Ketentuan
Kebijakan Privasi
Kemitraan


Facebook Instagram Youtube

© Copyright 2018 - BoA Online. Powered by Software BoA