Data Kelompok Barang



Fasilitas ini berfungsi untuk mengelompokkan barang sehingga Anda dapat melihat laporan buku pembantu persediaan (kartu stok), berdasarkan kelompok barang yang telah dibuat.


Klik menu Data Master > Data Kelompok Barang Dan Jasa



Pencarian data kelompok barang dan jasa. Ketik nama kemudian tekan Enter


Tombol navigasi pindah halaman


Tombol untuk menutup jendela daftar kelompok barang dan jasa


Tombol untuk merubah salah satu data kelompok barang dan jasa


Tombol untuk menghapus salah satu data kelompok barang dan jasa


Tombol untuk menyegarkan tampilan


Tombol untuk menambah data kelompok barang dan jasa. Pastikan data kelompok barang dan jasa yang akan ditambah memang benar-benar belum pernah Anda buat. Gunakan fasilitas pencarian untuk memastikan data kelompok barang dan jasa yang akan dibuat memang belum ada di daftar ini.



Ketik Nama kelompok barang dan jasa


Untuk menentukan apakah Anda sedang membuat kelompok barang atau kelompok jasa yang akan digunakan dalam transaksi penjualan dan pembelian


Tentukan/pilih Sifat kelompok barang dan jasa yang sedang dibuat.


  1. Di Jual & Di Beli : Kelompok barang dan jasa ini dapat digunakan dalam segala jenis transaksi; pembelian, penjualan dan pemakaian/penyesuaian persediaan.
  2. Di Jual : Kelompok barang dan jasa ini hanya dapat digunakan dalam transaksi penjualan saja (tidak muncul di transaksi pembelian dan pemakaian/penyesuaian barang).
  3. Di Beli : Kelompok barang dan jasa ini hanya dapat digunakan dalam transaksi pembelian danpemakaian/penyesuaian barang saja (tidak muncul di transaksi penjualan).


Tentukan/pilih akun penting untuk keperluan jurnal otomatis yang akan terbentuk setiap terjadi transaksi.

  1. Akun Beli : Pada saat terjadi transaksi penjualan barang yang termasuk dalam kelompok barang ini, maka program akan secara otomatis membentuk jurnal Harga Pembelian Barang (biaya)
  2. Akun Pengiriman Beli : Pada saat terjadi transaksi pengiriman pembelian (delivery order) barang yang termasuk dalam kelompok barang ini maka, program akan secara otomatis membentuk jurnal Persediaan Dalam Perjalanan Beli
  3. Akun Jual : Pada saat terjadi transaksi penjualan, barang yang termasuk dalam kelompok barang ini maka program akan secara otomatis membentuk jurnal Penjualan Barang (Pendapatan/Penjualan)
  4. Akun Pengiriman Jual : Pada saat terjadi transaksi pengiriman barang penjualan (delivery order) barang yang termasuk dalam kelompok barang ini maka, program akan secara otomatis membentuk jurnal Persediaan Dalam Perjalanan Jual
  5. Akun Persediaan : Pada saat terjadi transaksi penjualan, pembelian dan atau pemakaian/penyesuaian barang yang termasuk dalam kelompok barang ini maka, program akan secara otomatis membentuk jurnal Persediaan.


Tombol untuk menutup dan membatalkan segala jenis perubahan


Tombol untuk menutup dan menyimpan segala jenis perubahan



Kembali keatas




Beranda BoA Online
Harga & Fasilitas
FAQ
Syarat & Ketentuan
Kebijakan Privasi
Kemitraan


Facebook Instagram Youtube

© Copyright 2018 - BoA Online. Powered by Software BoA